Pengenalan Pemanfaatan Teknologi Internet



Di zaman yang sudah modern ini internet bukanlah hal yang baru lagi untuk kita, dari anak-anak sampai orang dewasa, pekerja kantoran, bahkan ibu-ibu rumah tangga pun sekarang menggunakan jaringan internet. Sepupu saya yang berumur tiga tahun pun sudah mahir sekali bermain internet, dari menonton video kartun kesukaannya di Youtube sampai mengunduh sendiri games favoritnya di situs-situs games yang tersedia.

Para pelajar menengah pun dalam urusan sekolahnya tidak bisa lepas dari internet, yang setahu saya kurikulum baru yang di terapkan saat ini menganjurkan mereka mengunduh materi sekolah dan buku-buku yang mereka butuhkan melalui internet, kebetulan adik saya sendiri mengalami hal ini.

Internet memang membawa dampak positif untuk kita, namun selain berdampak positif, internet juga dapat berdampak negatif bagi orang-orang yang tidak menggunakan internet dengan "sehat". Maka dari itu dianjurkan untuk semua pengguna internet untuk menggunakan internet dengan bijak, sangatlah rugi apabila kita menggunakan jaringan internet hanya untuk hal-hal yang tidak berguna karena banyak sekali hal positif yang bisa kita ambil dengan adanya jaringan internet.

Berikut ini beberapa manfaat positif dari internet:

Menambah wawasan dan pengetahuan di berbagai bidang dari seluruh dunia. Bagi para pelajar sangat banyak manfaat yang bisa diambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa didapat di internet, dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru. Bukan sekedar prestasi di sekolah yang harus dikejar, hanya semata-mata mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa tahu harus bagaimana kedepannya. Dengan banyaknya wawasan yang didapat dari internet, akan membuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju. Internet memungkinkan para pelajar dan mahasiswa serta orang-orang yang terlibat dalam pendidikan untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (Library Online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online, misalnya belajar jarak jauh dengan menggunakan Teleconference Internet (e-learning).

Sekarang semua aplikasi juga dilakukan secara online di dunia maya melalui website oleh badan pendidikan untuk memudahkan pelajar dan mahasiswa untuk mengakses informasi di lembaga pendidikannya, seperti untuk mengecek hasil ujian, jadwal ujian, prosedur dan aplikasi pembelajaran dan lain-lain.

Mendapatkan banyak ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Melepaskan pola pikir yang terkukung dan terpaku. Melihat informasi kemajuan-kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi pemacu semangat belajar dan berusaha.

Sarana komunikasi, semakin canggihnya internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan jejaring sosial seperti Facebook di internet, memungkinkan kita untuk menemukan teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang kita ingin ketahui keberadaanya. Kita juga dapat berbagi foto bahkan real time video dengan mudah. Semua bisa dan mungkin dilakukan di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat. Internet secara luas juga digunakan oleh pencari kerja untuk pencarian pekerjaan dan melamar pekerjaan. Fasilitas seperti video conferencing telah memungkinkan untuk melakukan wawancara secara online.



Mencari Uang di Iinternet. Internet hadir dengan istilah e-commerce. Dengan adanya e-commerce, kegiatan perdagangan, jual beli, promosi, dan lain sebagainya dapat dilakukan lewat internet tanpa harus berpergian. Sudah sangat banyak yang membuktikannya, bekerja online lewat internet bisa menjadi sumber penghasilan. Meskipun bekerja secara online sebagai internet marketing (misalnya) masih dipandang sebuah pekerjaan yang tidak umum oleh sebagian orang yang tidak paham. Bagaimana caranya, sangat panjang untuk dirinci secara detail, kita bisa menemukan banyak sekali jalan (secara benar) untuk mendapatkan penghasilan lewat internet. Ada banyak bisnis yang bergantung pada internet untuk kelangsungan hidup mereka seperti saham dan call center, untuk beberapa nama. Dan untuk informasi mengenai cara mencari uang di internet bisa lewat pencarian google.

Manfaat Internet di Bidang Hiburan. Internet juga menyediakan fasilitas online di bidang hiburan yang murah dan terjangkau, seperti fasilitas untuk mendengarkan, mengunduh musik dan film secara gratis dan penggunaan game online. Mengakses TV online dari station TV manca negara yang bisa dinikmati secara real time dengan mudah, internet memang menawarkan hiburan yang murah untuk bisa dinikmati semua orang.

Manfaat Internet bagi Masyarakat di Kehidupan Sehari-hari. Selain menyediakan fasilitas online untuk menunduh musik dan film, internet juga biasa digunakan oleh kalangan ibu-ibu rumah tangga, misalnya untuk mencari informasi tentang kesehatan, cara mengasuh anak, hingga resep masakan.

Manfaat Internet dalam Bidang Sosial. Manfaat internet dalam bidang sosial, internet dapat dipergunakan untuk memberikan informasi mengenai berbagai macam kegiatan sosial yang telah, sedang atau akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana kegiatan sosial.

Manfaat Internet di Bidang Kebudayaan. Dengan adanya jaringan internet dapat dijadikan media promosi budaya dan wisata ke mancanegara serta rekreasi dan hiburan yang dapat meningkatkan wisman untuk datang berkunjung ke Indonesia sehingga dapat menambah penghasilan negara untuk perbaikan ekonomi dan kesejahteraan nasonal.

Manfaat Internet di Bidang Kesehatan. Mudahnya mengakses informasi kesehatan secara otomatis mempengaruhi pola berfikir masyarakat di bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan. Selain itu pula informasi mengenai penyakit hingga terapi sudah sangat marak di situs internet yang bisa dijadikan referensi pengetahuan kesehatan masyarakat.

Manfaat Internet dalam Bidang Pemerintahan. Untuk bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government. Dengan adanya e-government, pemerintah dapat dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal dan juga dapat dipergunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antar suatu negara.

Manfaat Internet dalam Bidang Keagamaan. Internet dapat digunakan untuk sarana diskusi, konsultasi, tanya jawab masalah agama, berbagi ilmu agama, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan tentang berbagai macam manfaat internet dari segala sisi. Semoga bermanfaat dan memberikan pemahaman mengenai sisi positif internet sehingga dapat dengan bijak menggunakan jaringan internet, dan semoga manfaat internet ini menjadi bagian dari kehidupan kita :)

Big Thanks to:

Comments

Popular Posts