Business to Consumers (B2C)

Heyyaa gals! Postingan saya kali ini masih mengenai E-Commerce lho, tentu saja masih berhubungan sama postingan yang sebelumnya. Lagi lagi saya mau berbagi ilmu nih tapi dengan adanya postingan saya ini bukan berarti saya lebih tahu dari kalian yang membaca postingan ini yaa (emang-ada-yang-baca-kah?), boleh jadi malah kalian para pembaca yang lebih tahu, well, saya juga masih belajar, kita sama-sama belajar kan? Dan melalui postingan ini saya sekedar ingin berbagi sedikit ilmu yang saya ketahui mengenai E-Commerce, toh ilmu sekecil apapun akan lebih bermanfaat apabila diamalkan, betul? Betuuuuuuullll!!!! Hehehehehh.

Oke, langsung aja. Sebelumnya saya sudah menuliskan mulai dari apa itu E-Business, E-Commerce, perbedaan antara keduannya, jenis-jenis/tipe E-Commerce dsb.

Nah, kali ini saya ingin membahas tentang tipe-tipe E-Commerce tersebut. Kita tahu kalau E-Commerce mempunyai beberapa tipe, diantaranya Business to Business (B2B); Business to Consumer (B2C); Business to Government (B2G); Consumer to Consumer (C2C); dan Mobile Commerce (m-commerce). Apa sih pengertiannya? Saya akan mulai dari Business to Consumer atau sering disebut B2C.

Business to Consumer E-Commerce adalah perdagangan antara perusahaan dan konsumen yang melibatkan konsumen dalam pengumpulan informasi; pembelian barang fisik (seperti buku atau produk konsumen) atau barang informasi (atau barang dari bahan elektronik atau konten digital, seperti perangkat lunak, atau e-book); dan untuk barang informasi, menerima produk-produknya melalui jaringan elektronik. B2C ini merupakan bentuk kedua terbesar dari E-Commerce gals. Penjualannya dilakukan secara eceran dari perusahaan langsung ke konsumen akhir.

Contoh perusahaan semacam ini adalah Amazon.com (http://www.amazon.com/), Drugstore.com (http://international.drugstore.com/), Beyond.com (http://www.beyond.com/), Barnes and Noble (http://www.barnesandnoble.com/), ToysRus (http://www.toysrus.com/).


Amazon
ToysRus

Ada juga perusahaan B2C yang melibatkan barang informasi, seperti E-Trade (https://global.etrade.com/) dan Travelocity (http://www.travelocity.com/).
Travelocity
Secara umum, tipe Business to Consumer E-Commerce (B2C) terbagi menjadi 4 klasifikasi, yaitu:
  • Auction Store. Tempat untuk memberikan pelayanan dalam bidang perdagangan. Misalnya untuk pengiklanan produk perusahaan, cara pembayaran dan sebagainya. Contoh: www.ebay.com, www.swinde.com. 
  • Online Store. Tempat untuk menjual atau membeli secara digital dengan memilih, memesan barang lewat internet tanpa harus bertatap muka dengan penjual secara langsung maupun barang yang ingin dibeli. 
  • Online Service. Tempat untuk meminta informasi dan service lain dari perusahaan dengan cepat dan mudah atau dapat melakukan proses jual beli, misalnya jasa tiket perjalanan, jasa service dan lain-lain. Contoh: www.wotif.com , www.airasia.com , www.bliztmegaplex.com 
  • Other Service. Layanan yang menyediakan fasilitas untuk penjualan produk dan jasa diluar klasifikasi yang telah dijabarkan sebelumnya. Contoh: www.kaskus.us , www.facebook.com 
Business to Consumer E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum. 
  • Pelayanan (service) yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka layanan diberikan dengan menggunakan basis Web. 
  • Layanan diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan. 
  • Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server. 
Dalam Business to Consumer E-Commerce, biasanya produk yang dijual sangat beraneka ragam. Pembayaran dilakukan secara online menggunakan kartu kredit. Perusahaan melakukan promosi dengan menggunakan penjualan silang antara produsen dengan konsumen. Proses belanja diatur agar memberikan kemudahan kepada konsumen. mengurangi biaya transaksi (terutama biaya pencarian) dengan meningkatkan peran konsumen untuk dapat mengakses informasi dan menemukan harga yang paling kompetitif untuk suatu produk atau jasa. Business to Consumer E-Commerce juga mengurangi hambatan masuk pasar karena hanya membutuhkan biaya untuk membuat dan memelihara situs web yang jauh lebih murah dibanding dengan memasang plang perusahaan.

Business to Consumer E-Commerce memiliki permasalahan yang berbeda. Mekanisme untuk mendekati konsumen pada saat ini menggunakan bermacam-macam pendekatan misalnya dengan menggunakan “electronic shopping mall”atau menggunakan konsep“portal”. Electronic shopping mall menggunakan websites untuk menjajakan produk dan layanan. Para penjual produk dan layanan membuat sebuah storefront yang menyediakan katalog produk dan layanan ( service) yang diberikannya. Calon pembeli dapat melihat-lihat produk dan layanan yang tersedia seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan window shopping. Bedanya, calon pembeli dapat melakukan belanja ini kapan saja dan darimana saja dia berada tanpa dibatasi oleh jam buka toko.

Tantangan utama yang dihadapi Business to Consumer (B2C) diantaranya:
  • Membangun privasi dan kepercayaan pada konsumen 
  • Menciptakan ketergantungan dan loyalitas 
  • Kelengkapan, keragaman dan ketersediaan barang dan jasa. 
Keuntungan dan Kerugian/Kelemahan Business to Consumer (B2C)
  • Keuntungan Business to Consumer (B2C) bagi perusahaan adalah: 
  • Dapat mempromosikan produk mereka secara luas. 
  • Dapat melayani transaksi selama 24 jam penuh tanpa terganggu waktu libur ataupun break. 
  • Dapat langsung berinteraksi dengan customers tanpa perantara. 
  • Dapat meminimalkan cost yang dikeluarkan. 
Keuntungan Business to Consumer (B2C) bagi customers adalah:
  • Dapat melakukan pembelanjaan dengan mudah. 
  • Memiliki banyak pilihan dan waktu utnuk menentukkan yang disukai. 
Kelemahan:
  • Produk yang kita order tidak dapat kita lihat secara langsung dan kita teliti (periksa) lebih lanjut. 
  • Produk yang kita lihat di website, terkadang tidak sesuai seperti aslinya. Maksudnya ada perbedaan bentuk, warna, ukuran dan lain sebagainya. 
Business to Government (B2G), didefinisikan sebagai perdagangan antara perusahaan dan sektor publik atau pemerintahan. Seperti penggunaan internet dalam pengadaan, prosedur perijinan dan kegiatan lain yang melibatkan pemerintah. B2G E-Commerce memiliki dua syarat: pertama, sektor publik diasumsikan sebagai pemegang kendali utama dalam menjalankan E-Commerce; kedua, diasumsikan bahwa sektor publik sangat membutuhkan sistem pengadaan yang lebih ekeftif.

Business to Business (B2B), secara sederhana didefinisikan sebagai perdagangan elektronik antar perusahaan. Sekitar 80% dari E-Commerce merupakan B2B. Sebagian ahli memperkirakan bahwa B2B E-Commerce akan terus berkembang dengan cepat jika dibandingkan dengan tipe B2C. Pasar B2B memiliki dua komponen utama: E-frastructure dan E-market.

Consumer to Consumer (C2C), didefinisikan sebagai perdagangan antara individu (sektor swasta) dengan konsumen. Consumer to Consumer (C2C) merupakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. C2C ditandai dengan peningkatan pasar elektronik dan lelang online, khususnya di industri di mana suatu perusahaan/bisnis menawarkan apa yang mereka inginkan dari beberapa suplier.

M-Commerce (Mobile Commerce) merupakan pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui teknologi nirkabel yaitu, perangkat genggam seperti PDA. Jepang merupakan salah satu pemimpin global dalam m-commerce ini. Seiring dengan pengiriman konten melalui perangkat nirkabel menjadi semakin cepat, aman dan terukur, sebagian orang mulai percaya m-commerece merupakan motode pilihan transaksi perdagangan digital yang cukup diperhitungkan. Untuk wilayah Aisa- Pasifik hal tersebut menjadi media yang perlu dipertimbangkan karena pengguna mobile phone di kawasan Asia-pasifik saat ini jumlahnya lebih dari jumlah pengguna internet.

That’s it! Semoga bermanfaat, see yaaaaaaaaa :)




Thanks to:

- kalamkata.org/ebook/indonesian/Modul05-ecommerce.pdf
- https://www.academia.edu/4911623/PEMANFAATAN_E-COMMERCE_DALAM_DUNIA_BISNIS
- http://adit.web.id/pengertian-business-to-consumer-b2c/2013/10/29/

Comments

  1. Kepada Yth,
    PERUSAHAAN
    DI TEMPAT

    Up : HRD Keuangan

    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi,
    (Tanpa Agunan,Non Collateral)
    Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa CV. ANUGERAH JAYA ABADI adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan atau Non Collateral,Proses Cepat,Bisa dicek Keabsahanya dan Polis Di Jamin kami antar.

    Jenis jaminan yang kami terbitkan yaitu sbb:
    1.Jaminan Penawaran ( Bid Bond )
    2.Jaminan Pelaksanaan ( Peformance Bond )
    3.Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond )
    4.Jaminan Pemeliharaan ( Maintenance Bond )
    5.Jaminan pembayaran akhir tahun ( SP2D )

    Jenis jaminan Asuransi kami terbitkan antaranya sbb:
    • PT. Asuransi ASKRINDO
    • PT.Asuransi JASINDO
    • PT.Asuransi ASEI
    • PT.Asuransi SINARMAS
    • PT.Asuransi JAMKRINDO
    • PT.Asuransi ASKRIDA
    • PT.Asuransi BUMIDA
    • PT.Asuransi ACA
    • PT.Asuransi MEGA PRATAMA
    • PT.Asuransi BOSOWA PERISKOP
    • PT.Asuransi RAYA
    • PT.Asuransi BERDIKARI
    • PT.Asuransi RAMAYANA
    * PT.Asuransi REKAPITAL
    Jenis Bank Garansi Kami terbitkan sbb:
    * Bank Mandiri
    * Bank BRI
    * Bank BNI
    * Bank BTN
    * Bank BCA
    * Bank BII
    * Bank BUKOPIN
    * Bank EXIM
    * Bank BPD DKI
    * Bank BPD JATIM
    * Bank BPD SUMSEL
    * Bank BPD JAB

    Syarat - Syarat Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond Adalah :
    * Membuat surat permohonan Bank Guarantee / Surety Bond
    * Melampirkan Company profil / Biodata prusahaan lengkap
    * Melampirkan laporan keuangan ( neraca rugi/laba ) 2 tahun terakhir
    * Melampirkan photo cofy undangan lelang /SPK/P.O/RKS & Surat kontrak lainya
    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasi Fwd: Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi,( Tanpa Agunan,Non Collateral )nya saya ucapkan terimakasih...

    Berikut Di Bawah ini saya lampirkan
    Proposal Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi,(Tanpa Agunan,Non Collateral)

    Hormat kami,
    CV. ANUGERAH JAYA ABADI
    Jl. Harapan Jaya Raya No. 38 Cempaka Baru. Kemayoran Jakarta Pusat
    From : Mebri Ardiantoni
    Contac : 0812 8624 2229
    E-Mail : mebri.anugerah@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Casino - drmcd
    Find casino reviews and information 춘천 출장샵 for 여주 출장마사지 your favorite games, 진주 출장안마 including slots, blackjack, roulette and more. Get your casino 용인 출장마사지 bonus now. Rating: 4 · ‎1 vote · 하남 출장마사지 ‎Price range: 1

    ReplyDelete
  3. 0consbiim-ri-Billings Jodi Wells install
    that
    This
    quinisympri

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts