Pengenalan E-Business

Apa itu E-Business? Sebenarnya ada banyak sekali definisi tentang E-Business, di antaranya sebagai berikut:

E-Business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)

E-Business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)


E-Business adalah penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)
E-Business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk E-Business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-Business with Net.Commerce. Prentice Hall)

Definisi E-Business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. E-Business – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry)

Dari beberapa definisi diatas, maka dapat digabungkan menjadi satu definisi, E-Business adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan— dapat berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.

Ada 2 macam model E-Business yaitu:
  • B2C (Business to Consumers) Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi. 
  • B2B (Business to Business) Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi) 
Lalu apa bedanya E-Business dengan E-Commerce? Kita tahu bahwa E-Commerce itu transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Secara teknis E-Commerce is a part of E-Business, maksudnya adalah bahwa seluruh kegiatan yang terdapat dalam perdagangan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis karena E-Business adalah semua transaksi bisnis online termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (E-Commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis.

Selain E-Commerce, kita juga sudah sering mendengar tentang E-Goverment dan E-Learning. E-Government dilakukan oleh pemerintah untuk menjalankan proses bisnisnya, yaitu pemerintahan dan layanan masyarakat sedangkan E-Learning adalah istilah payung yang menggambarkan pembelajaran yang melakukan menggunakan komputer, biasanya terkoneksi dengan jaringan dan memberikan kita kesempatan untuk belajar hampir setiap waktu dan dimana pun. E-Learning dapat menjadi bagian dari E-Business jika pembelajaran menjadi salah satu proses bisnis utama dari organisasi. Misalnya, perusahaan yang menyediakan E-Learning bagi pembelajaran karyawan pada intranetnya. Contoh yang lain, Cisco Sistem yang membuka kelas online. Dan masih banyak lagi contoh dari E-Business seperti E-Banking, E-Engineering, E-Marketing dsb.

Dengan E-Business, suatu perusahaan dapat menurunkan total biaya pengeluaran operasional tetap. Lebih jauh, banyak potensi sumber pendapatan baru ditawarkan oleh konsep E-Business. Hal lain yang membuat E-Business menjadi primadona dalam kerangka bisnis modern adalah adanya berbagai data statistik yang menunjukkan kian tingginya nilai bisnis yang terjadi di dunia maya, yang perlahan-lahan tumbuh menyaingi apa yang terjadi dalam dunia nyata. Berikut ini adalah kebaikan yang di dapat dari E-Business:
  • Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. 
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). 
  • Menurunkan biaya operasional (operating cost). 
  • Melebarkan jangkauan (global reach). 
  • Meningkatkan customer loyality. 
  • Meningkatkan supplier management. 
  • Memperpendek waktu produksi. 
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
Namun, selain berdampak positif atau membawa banyak kebaikan bagi penggunanya, E-Business juga memiliki dampak negatif atau kelemahan sebagai berikut:
  • Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Misalnya seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada. 
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak- pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban. 
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam. 
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri. 
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut. 
  • Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik. 

Sekian penjelasan saya mengenai E-Business, semoga bermanfaat.



Thanks to:

- http://blog.akakom.ac.id/sinarsuryait/e-commerce-dan-e-business/
- www.mdp.ac.id/materi/2013-2014-3/si451/.../SI451-071045-514-1.ppt
- http://www.blog.jtc-indonesia.com/2010/05/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e.html

Comments

Popular Posts